Tiga Cara Membawa Penyakit ke Jalan Bodhi


Post

Ada tiga cara membawa penyakit ke jalan Bodhi: cara terbaik, cara menengah, dan cara yang remeh.

 

Cara yang terbaik ialah dengan membiarkan begitu saja rasa sakit hebat yang menyertai penyakitmu, tanpa mencari obat untuk memulihkannya, dan dengan tenang meresapi rasa sakitnya, untuk membangkitkan esensi dari rasa sakit tersebut sebagai pengalaman shunyata yang melampaui elaborasi konseptual.

 

Cara menengah ialah dengan menganggap bahwa penderitaan dan pengaruh-pengaruh berbahaya (dön) yang menimpa makhluk hidup semuanya termasuk dalam rasa sakit hebat yang menyertai penyakitmu. Maka dari itu, dengan membawa penyakit ini ke jalan Bodhi dan melenyapkannya bersamaan dengan penderitaan mental, penyakit tersebut dapat menjadi penyokong bagi praktik berbudi luhur.

 

Cara yang remeh ialah dengan menyadari bahwa penyakit merupakan ganjaran atas tindakan-tindakan buruk di masa lampau. Tanpa berusaha meredakan rasa sakit tersebut, jangan menghadapinya dengan rasa enggan, tetapi pahamilah bahwa rasa sakit tersebut timbul melalui rasa welas asih Triratna, dan, dengan demikian, kau akan memurnikan segala tindakan jahat dan pengelabuan.